Review personal Knalpot Standar, NOB1 3Bold,R9 New Mugello pada Honda CB150R

Dalam artikel ini saya ingin sedikit mereview beberapa knalpot yang pernah saya pakai di motor Honda CB150R. Review ini sangat sederhana dan cenderung obyektif karena hanya berdasarkan feeling saya sebagai pengguna.

1. Knalpot Standar Bawaan Honda CB150R.

honda_cb150r_knalpot_std

honda_cb150r_knalpot_std

Pertama kali knalpot yang saya gunakan pada Honda CB150R adalah knalpot standar bawaan pabriknya. Secara bentuk lumayan kekar dan dilengkapi dengan cover anti panas sehingga sangat aman bagi boncenger. Untuk kualitas bahan lumayan bagus tapi lumayan cepat menguning. Harga part baru dari AHM Rp 530.000.

Suaranya knalpot sangat merdu agak ngebass dan tidak keras sehingga sangat nyaman ditelinga. Tetapi karena kurang keras sehingga kurang bisa memberi tahukan pengendara di depannya kalau ada motor yang melaju kencang di belakangnya.

Performa motor dengan knalpot standar sudah sangat bagus dalam hal akselerasi dan top speednya. Penulis tidak menuliskan top speed karena memang bukan speed freak dan tidak berani memacu kendaraan di atas 130 kpj.

2. Knalpot R9 New Mugello.

honda_cb150r_r9_nmugello

honda_cb150r_r9_nmugello

Kenalpot ini termasuk knalpot yang paling mahal yang pernah penulis coba. Harga di pasaran mencapai Rp 1.100.000 khusus untuk model CB150R. Dari harganya yang mahal membuat kualitas bahan dan las-lasan yang digunakan sangat bagus. Logam yang digunakan kuat tapi ringan dan las menggunakan las kuningan yang mewah dan tahan karat. Secara finishing dan bahan lebih bagus dari knalpot standar bawaan motor.

Suara kenalpot ketika free flow tanpa db killer ngebass bulat dan tidak begitu keras saat idle tetapi kalau gas ditarik suara menjadi keras menggelegar dan memekakkan telinga. Berbeda ketika dipasang db killer yang bisa didapatkan dengan membayar Rp 100.000. Setelah dipasang db killer ketika gas ditarik suara tetap ngebas bulat dan lebih keras sedikit di atas knalpot standar,

Performa motor setelah dipasang knalpot ini pertambahan power dan akselerasi sangat terasa khususnya ketika dibikin free flow tanpa db killer. Peak power dan torsi bergeser ke rpm yg lebih tinggi kalo ga salah disekitar 10500 rpm utk power dan 8500 rpm untuk torsi, jadi agar mendapat power dan torsi yg maksimal shifting harus di rpm 11.000an pokoknya sblm redline jadi tarikan atas menjadi ganas.

3. Knalpot NOB1 3Bold.

cb150r_nob1_3bold

Kenalpot ini termasuk knalpot yang paling murah yang pernah penulis coba. Harga di pasaran hanya Rp 395.000 khusus untuk model CB150R. Kualitas bahan dan las-lasan yang digunakan tidak sebagus knalpot-knalpot di atas. Logam yang digunakan kuat dan agak berat dan sangat cepat berkarat. Secara finishing dan bahan di bawah dari knalpot standar bawaan motor.

Suara kenalpot ketika free flow tanpa db killer ngebass bulat dan sangat keras saat baik saat idle apalagi kalau gas ditarik suara menjadi keras menggelegar dan memekakkan telinga, jauh lebih keras dari knalpot r9 free flow. Berbeda ketika dipasang db killer yang sepaket dengan knalpot full setnya. Setelah dipasang db killer suara tidak begitu keras, sedikit di atas knalpot standar dan lumayan merdu.

Performa motor setelah dipasang knalpot ini pertambahan power dan akselerasi sangat terasa khususnya ketika dibikin free flow tanpa db killer. Kemudian setelah dipasang db killer pertambahan power tetap terasa dan akselerasi tetap bagus sedikit di atas knalpot standar bawaan.

Pengalaman menggunakan knlapot NOB1 3Bold ini pada track yang panjangnya blm pernah ngukur tapi kurang dari 500 m, dengan kenalpot biasa cuma dapat 110 kpj lbh dikit, dengan NOB1 3Bold bisa tembus 120 kpj lebih dikit. Lumayan untuk knalpot 4 ratus ribuan, bahkan ada yg jual seken 2 ratus ribuan saja.

Grafik Uji Dynotes

hasil dyno challenge

Berikut adalah grafik hasil dyno test pada ajang Dyno Challenge pada event Ekspedisi Nusantara oleh Honda. Dari grafik bisa terlihat power dan torsi mesin pada rpm tertentu dan tercantum jenis knalpot yang digunakan, terlepas dari kemungkinan sudah menggunakan custom ECU maupun modifikasi yang lainnya.

Kesimpulan

Secara pribadi untuk pemakaian harian, knalpot favorit penulis adalah NOB1 3Bold karena memang lebih suka akselerasi dibandingkan dengan top speed. Suara knalpot dengan db killer juga lumayan merdu dan nyaman ditelinga meskipun dipakai untuk touring jarak jauh. Untuk pemakaian harian db killer juga wajib digunakan kalau tidak mau kena tilang paman polkis yang mulai rajin merazia knalpot racing. Dengan harga yang terbilang murah mendapatkan knalpot yang bagus.

Sedangkan untuk keperluan kebut-kebutan dengan rpm tinggi agar mendapatkan performa maksimal maka penulis cenderung pada knalpot R9 New Mugello.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat.

Iklan

11 thoughts on “Review personal Knalpot Standar, NOB1 3Bold,R9 New Mugello pada Honda CB150R

    1. ariefsujatmiko Penulis Tulisan

      yg mahal cuma r9 doang mas bro, yg nob1 murah meriah kok, ane punya koleksinya cuma 3 itu..

      Balas
  1. bpedut

    dapetin db killer buat R9 dimana bro, untuk masangnya di bagian depan/belakang silencer? ane rada susah nih dapetin di sekitaran jakbar, mana mau ada operasi pula satu bulan ke depan haha 😄

    Balas
    1. ariefsujatmiko Penulis Tulisan

      ane langsung lewat FB page r9 racing generation, kemudian kirim pesan aja Nama#Sawungan Alamat#No HP#db killer for r9 new mugello#cb150r, harga 100 rb termasuk ongkir tapi yg masangnya dari dalam silencer, tapi menurutku tarikan bawah lebih bagus yg dipasang di luar silencernya..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s