Alhamdulillaah Hari Ini Resmi Jadi Mahasiswa Pasca Sarjana Tehnik Elektro UGM

Gambar Gedung Teknik Elektro UGM_resizeSetelah melewati serangkaian perjuangan panjang melakukan beberapa ujian baik itu TPA, Bahasa Inggris, Ujian Masuk Jurusan, dan membayar uang kuliah semester pertama yang lumayan menguras kantong akhirnya aku resmi menjadi mahasiswa pasca sarjana tehnik elektro UGM.

Bukanlah hal yang mudah tapi bukan juga merupakan hal yang sangat sulit karena memang pendaftarnya cukup sedikit. Selain itu juga persyaratan pendaftaran program pasca sarjana di UGM juga cukup simpel. Tetapi memang karena jadwalnya lumayan mepet pas daftar kemarin dan diselingi dengan kerjaan sebagai seorang programmer yang sering harus keluar kota baik itu untuk menginstalasi software maupun memberikan pelatihan tentang pemakaian software yang telah dibuat sehingga benar-benar harus bisa mengatur waktu dengan baik agar bisa mengikuti serangkaian tes yang harus dijalani.

Persyaratan utamanya adalah ijazah S1, KTP atau passport yang Anda miliki. Setelah persyaratan utama terpenuhi selanjutnya adalah memiliki nilai TPA (tes potensi akademik) yang diadakan oleh UGM dengan skor minimal 450, untuk mengikuti ujian Anda harus membayar Rp 250.000. Setelah itu adalah memiliki nilai tes bahasa inggris bisa menggunakan TOEFL dari lembaga yang diakui UGM minimal skor 450 juga atau nilai tes bahasa inggris ACEPT yang diadakan oleh FBS UGM dengan skor minimal 209. Untuk mengikuti tes ACEPT anda juga harus membayar Rp 250.000. Alhamdulilah nilai TPA maupun ACEPT saya jauh di atas batas minimal kelolosan. Setelah Anda melakukan tes TPA dan ACEPT anda akan mendapatkan sertifikat yang harus Anda foto kopi dan dilegalisir. Setelah itu Anda harus mendaftar UM UGM untuk jurusan teknik elektro dengan biaya pendaftaran Rp 500.000. Setelah semua persyaratan terpenuhi Anda harus mengumpulkan berkas-berkas ke gedung Teknik Elektro UGM dan akan mendapatkan jadwal untuk mengikuti tes masuk jurusan.

Dan akhirnya hasil akhir baik lolos maupun tidak akan diumumkan lewat website um.ugm.ac.id. Jika Anda dinyatakan lolos maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk melakukan registrasi mahasiswa baru dengan terlebih dahulu harus membayar uang kuliah semester pertama, tahun ini untuk teknik elektro biaya kuliah semester pertama sebesar Rp 10.000.000,-. Lumayan banyak bukan dan itu uang semua tidak boleh dicampur daun ya…

20140815_162325_resize

Dan, alhamdulillaah sekarang saya dah resmi diterima dan harus mulai serius untuk menjalani pelajaran perkuliahan agar bisa lulus cepat dan tidak molor dan tentunya dengan nilai yang memuaskan. Karena membayarnya masih make uang sendiri, kalau dah mendapat beasiswa bakalan bisa lebih santai. Semoga semua bisa dijalani dan diselesaikan dengan sebaik mungkin dengan dukungan dari si cibi juga yang meskipun sebuah motor tapi suaranya mirip gilingan padi karena suara klotok-klotoknya belum diperbaiki namun masih bisa dijadikan alat transportasi.

Sekian sharing saya tentang pengalaman mendaftar pasca sarjana teknik elektro UGM, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s