Meningkatkan Performa Samsung Galaxy Grand Duos

samsung_galaxy_grand_cover_201842009250

Galaxy Grand Duos yang dimaksud pada artikel ini adalah salah satu ponsel Android besutan Samsung yang cukup terkenal. Salah satu sisi paling menonjol adalah layarnya yang gede 5 inch dan bisa dipasangi 2 SIM Card atau nomor HP GSM. Ponsel ini dibekali dengan chipset yang mumpuni dengan Dual Core Cortex A9 1,2 GHz dan ukuran memori RAM yang cukup besar dizamannya yaitu 1 GB. Selain itu Galaxy Grand Duos juga mewarisi modul kamera 8 MP dari Samsung Galaxy S II yang terkenal sebagai salah satu best camera phone di zamannya dan bisa disejajarkan dengan Apple iPhone 4/S. Selain kamera Galaxy Grand Duos juga mewarisi beberapa fitur unggulan yang waktu itu hanya dimiliki oleh Samsung Galaxy S 3 seperti multi window untuk menjalankan beberapa aplikasi dalam satu layar dan smart eye yang akan menjaga layar tidak dimatikan selama pemakai memandang layar ponsel. Sementara itu di segi kekurangan banyak yang mengkritisi tentang resolusi layarnya yang masih jadul yaitu 480×800 yang banyak menganggap sebagai kekurangan tetapi bagi para biker yang sering menempel ponsel di holder stang justru sangat membantu agar mudah dilihat sambil berkendara karena tulisan dan gambarnya yang besar-besar. Dan jangan pernah mengira layar Galaxy Grand Duos itu jelek karena menampilkan gambar dengan halus, warna yang tajam meskipun tidak setajam layar AMOLED dan sudut pandang yang nyaris 180 derajat.

samsung-tl105-silver

Tetapi dibalik semua fitur dan kelebihan ternyata karena mungkin terlalu banyak software yang terinstal terutama aplikasi home atau launcher bawaan Samsung yaitu Touchwiz UI menjadikan ponsel jadi berat. Sehingga ketika ponsel telah menjalankan beberapa aplikasi maka ponsel akan menjadi lemot. Pada kondisi paling parah akan mengakibatkan ponsel nyaris beku dan sering restart sendiri. Kadang kala untuk membuka aplikasi kamera saja membutuhkan waktu lebih dari 30 detik, sehingga momen yang mau diabadikan sudah lewat.

Salah satu cara paling sederhana yang saya temukan adalah dengan menginstal aplikasi home atau launcher yang lebih ringan semacam ADW Launcher, Nove Launcher, Apex Launcher dan sejenisnya.

Salah satu contoh yang saya lakukan adalah menginstal aplikasi ADW Launcher. Caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Buka Aplikasi Play Store.
  2. Klik tombol Search lalu ketik ADW Launcher.
  3. Pilih ADW Launcher dari daftar hasil pencarian.
  4. Setelah terbuka halaman aplikasi ADW Launcher lalu klik install.
  5. Tunggu sampai download dan instalasi aplikasi ADW Launcher selesai.
  6. Lalu klik tombol Home, sehingga akan muncul pilihan aplikasi launcher, lalu pilih ADW Launcher dan centang tombol default.
  7. Kemudian akan muncul tampilan home ADW Launcher.
  8. Aturlah setting ADW Launcher sesuai selera Anda.
  9. Terakhir restart ponsel dengan menekan tombol power agak lama hingga muncul menu restart phone, lalu klik restart phone.
  10. Selesai ponsel anda telah menjadi lebih cepat silahkan dicoba untuk mengoperasikan ponsel Anda.

adw_launcher_home

Setelah itu restart ponsel dan Galaxy Grand Duos menjadi jauh lebih cepat dan responsiv dari sebelumnya. Berdasarkan pengetesan membuka aplikasi kamera meningkat dari 30 detik menjadi sekitar 5 detik saja sehingga Anda bisa menikmati kamera bagus yang terdapat pada Galaxy Grand Duos dengan lebih cepat dan membuat ponsel menjadi lebih bermanfaat. Demikianlah hasil yang luar biasa dengan usaha yang sangat minim. Dan tutorial ini bisa bermanfaat juga pada pemakai ponsel Android Samsung jenis yang lain.

Sekian sharing saya tentang mempercepat ponsel Android Samsung, silahkan mencoba bagi yang mempunyai ponsel Android Samsung dan semoga bermanfaat.

Iklan

One thought on “Meningkatkan Performa Samsung Galaxy Grand Duos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s