Penunjuk Rute Perjalanan Dengan Google Maps

1_start_google_mapsSebagai seorang biker yang sering melakukan perjalanan jauh baik itu touring dalam rangka wisata dan merefreshing fikiran kita atau silaturahmi ke tempat saudara atau bahkan dalam rangka melaksanakan tugas pekerjaan. Ketika sudah hafal jalan menuju ke tempat itu bakalan mudah tetapi bagaimana kalo belum hafal dan kita cuma dikasih tahu alamatnya saja. Pada zaman dulu mungkin kita akan bingung dan menyerah tetapi sekarang dengan semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi ditemukan teknologi GPS. Dengan menggunakan aplikasi GPS kita bisa menemukan rute yang kita tuju dengan cukup melakukan pencarian alamat dan rute terpendek akan secara otomatis diberikan oleh aplikasi GPS.

Saya sendiri sebagai seorang programmer yang lumayan tahu tentang teknologi IT termasuk teknologi GPS dan pemrograman aplikasi Android merasa sangat terbantu dengan teknologi ini. Saya sering melakukan perjalanan yg lumayan jauh hingga 900 km dengan penunjuk arah menggunakan Google Maps saja dan alhamdulillaah selalu tiba di tujuan dengan tepat.

Selain Google Maps sebetulnya ada banyak aplikasi GPS lain seperti Garmin, Sygic, Navitel dan lain sebagainya tetapi dalam artikel kali ini akan dibatasi dengan aplikasi Google Maps saja.

Cara untuk mengoperasikan Google Maps sebagai penunjuk rute perjalanan sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Jalankan Google Maps dengan menyentuh gambar aplikasi Maps pada menu aplikasi Android, sehingga akan muncul halaman utama aplikasi Google Maps seperti berikut ini:
    2_home_google_maps
  2. Klik pada kotak search / pencarian untuk memulai mencari tempat tujuan perjalanan, kemudian ketikkan nama tujuan, misalnya “Dieng” karena kita akan menuju obyek wisata Dieng Plateau.
    3_google_maps_search
  3. Sehingga secara otomatis Google Maps akan memberikan daftar beberapa tempat yang mengandung nama kata yang dicari. Jika sudah ada yang sesuai klik daftar opsi pilihan itu kalau tidak klik tombol cari di bagian kanan kotak pencarian. Setelah itu Google Maps tempat tujuan yang akan kita tuju.
    4_google_maps_found_target
  4. Setelah itu klik pada gambar mobil untuk mencari rute darat terdarat dari posisi sekarang. Kemudian Google Maps akan memberikan beberapa opsi rute.
    5_google_maps_founds_1
    Seringkali Google Maps akan menunjukkan beberapa opsi rute yang bisa ditempuh, misalnya ada opsi berikutnya seperti pada gambar di bawah ini:
    6_google_maps_start_nav
  5. Setelah itu akan muncul halaman navigasi yang akan membimbing Anda melewati rute perjalanan. Pada aplikasi ini dilengkapi juga dengan voice guide atau penunjuk suara yang akan mengatakan waktu belok dan informasi jalan di depan.
    8_google_maps_nav
  6. Berikutnya Anda tinggal mengendarai kendaraan Anda sesuai dengan petunjuk arah pada halaman navigasi Google Maps hingga Anda sampai ke tujuan perjalanan Anda.

Pada saat berkendara sangat tidak disarankan untuk mematikan atau merestart google maps karena Anda harus mendownload ulang rute perjalanan menuju ke tempat tujuan yang akan sangat sulit dilakukan di daerah yang tidak terjangkau sinyal 3G/HSDPA. Tetapi jika Anda melewati suatu daerah yang sinyal datanya sulit tetapi rute perjalanan telah terdownload maka penunjuk navigasi akan tetap berjalan dengan normal. Selain itu pastikan ponsel Android Anda memiliki paket data yang cukup. Google Maps tidak membutuhkan banyak bandwidth terbukti saya biasa menggunakan paket internet kuota 600 MB per bulan dan jarang sekali kekurangan kuota padahal saya sering melakukan perjalanan yg jauh dalam sebulan.

Ketika handphone Android terpasang pada holder sepeda motor maka akan sangat sering terkena guncangan sehingga sebaiknya opsi deteksi guncangan untuk mengirimkan feed back ke server Google Maps dimatikan, caranya adalah masuk ke menu settings Google Maps lalu uncek ‘Shake to send feedback’ seperti gambar di bawah ini.

9_google_maps_shake_feedbackHal berikutnya yang disarankan adalah selalu menyambungkan charger motor pada handphone selama dalam perjalanan, karena pada saat layar LCD handphone Android menyala akan cepat sekali menguras cadangan daya listrik battery handphone.

Sekian artikel tentang cara mudah mengoperasikan aplikasi Google Maps pada ponsel Android untuk menunjukkan rute perjalanan dan semoga bermanfaat bagi kita.

 

Iklan

4 thoughts on “Penunjuk Rute Perjalanan Dengan Google Maps

  1. gavino kj

    Mas bisa sya mnta contacj jenengan posisi sy di godean jogja sidparum. Untuk skedar tanya saja by phone. Trmksh

    Balas
  2. maulana

    saya sedang mencari aplikasi gps buat jalur motor..
    tapi gx ketemu2..
    soalnya kadang pake GM jalurnya jalur mobil yg gx boleh dilewati motor, kan jadi bingung..😥

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s