Fenomena Maraknya Oli Diesel dipakai di Motor Kopling Basah

oli_mobilBaru-baru terjadi fenomena maraknya pemakaian oli diesel untuk motor kopling basah. Menurut saya hal ini sebetulnya sangat berbahaya karena terdapat beberapa jenis oli mesin dan telah disesuaikan untuk jenis mesinnya oleh pembuat oli tersebut. Dan motor khususnya yang menggunakan kopling basah oleh pabrikan telah diberikan rekomendasi spesifikasi oli baik API maupun JASO yang cocok untuk karakteristik mesinnya. Sehingga menggunakan sembarang oli  yang spesifikasinya tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan adalah sangat berbahaya. Karena bagaimanapun juga yang tahu tentang spesifikasi oli mesin yang cocok untuk sebuah mesin motor adalah pabrikan yang membuatnya. Dan jika sampai terjadi kerusakan maka akan ditanggung sendiri oleh pemilik kendaraan bermotor karena garansi mesin jelas hangus ketika menggunakan oli diluar yang direkomendasikan pabrikan.

Saya sendiri dahulunya tertarik dengan penggunaan oli diesel pada motor kopling basah. Beberapa hal yang membuat saya tertarik adalah dari komunitas pengguna oli diesel untuk motor kopling basah yang menamakan dirinya komunitas oli sesat percaya bahwa oli diesel dengan tingkat harga yang sama memiliki mutu yang lebih bagus dibanding oli motor dengan masa pakai oli yang lebih lama dan mampu memberikan perlindungan terhadap mesin yang lebih baik karena diperuntukkan untuk kendaraan berat yang menggunakan mesin diesel. Karena percaya bahwa oli diesel memiliki masa pakai yang lebih lama sehingga bisa mengurangi limbah oli dan menghemat pengeluaran untuk penggantian oli mesin.

Saking tertariknya saya masuk ke dalam grup facebook HDEO/PCMO on Motorcycle (link https://www.facebook.com/groups/hdeo.kaskus/ meskipun masih baru tapi member sudah 4.000 lebih tandanya peminatnya sangat banyak) Setelah sampai di sana mulai menimba ilmu dari suhu oli Arya Bisma. Kemudian mulai belajar tentang cara mulai penggunaan oli diesel pada motor kopling basah yaitu harus flushing dulu atau membersihkan mesin motor dengan oli diesel yang dipercaya komunitas oli sesat memiliki ditergent yang lebih bagus sehingga akan membuat mesin bersih kembali. Menurut komunitas pemakai oli diesel pada saat flushing itu kotoran dan gram-gram mesin yang tertinggal dan tidak dibersihkan oleh oli motor (MCO / Motor Cycles Oil) akan dikeluarkan. Setelah dirasa mesin sudah bersih baru menggunakan oli diesel yang lebih mahal dan long drain untuk selanjutnya.

Ketika membaca postingan-postingan di grup facebook itu ada beberapa pengguna yang mereview dan telah berhasil dengan sukses dan melalui beberapa puluh ribu kilometer dengan oli HDEO dengan lancar dan motornya tambah nyaman. Akan tetapi ada juga beberapa pengguna yang menceritakan penggantian komponen mesin di motornya setelah menggunakan olid HDEO padahal mesin masih kurang dari 50.000 km, padahal motor saya Supra X 125 R 2009 CW dulu hingga odo meter meraih angka 70.000 km lebih hanya dengan oli Federal Ultratec 20W50 belum pernah bongkar mesin. Hal ini bisa terjadi karena oli yang tidak sanggup melumasi seluruh bagian mesin dengan benar sehingga bagian mesin tergerus karena gesekan pada saat mesin bekerja atau pemakaian yang memang ekstrim dan semua resiko ditanggung oleh pengguna oli. Jika terjadi oli yang tidak cocok mengakibatkan kerusakan pada mesin motor malah mengakibatkan terjadi pemborosan padahal niat awal adalah berhemat.

oli_motorHingga saat ini saya belum berani untuk memasukkan oli mesin yang di luar spesifikasi dari pabrikan motor. Lebih baik kita rajin mengganti oli yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan motor dan sesuai masa pakai olinya supaya mesin motor kita awet dan tidak bermasalah. Kalau ada dana Rp 200.000 atau lebih ada baiknya menggunakan oli motor full sintetik seperti Motul H-Tech, Motul 5100, Motul 7100, Shell Advance Ultra, , Pertamina Enduro 4T Sport atau yang lebih bagus sehingga perlindungan lebih bagus, masa penggantian lebih lama lebih dari 2.500 km dan proteksi dan pembersihan mesin yang lebih baik. Kalau dana kurang dari Rp 100.000 bisa mencoba oli Shell AX7, Motul 3100, Yamalube Super Sport, Kawasaki Genuine Oil Ultimate yang dengan masa pakai 2.000 km masih sangat aman. Tetapi ketika dana kurang dari Rp 60.000 masih bisa menggunakan oli yang harganya lebih murah seperti Enduro 4T Racing, AHM Oil, Federal Ultratec, Federal Supreme, Yamalube Oil, Suzuki Genuine Oil atau PrimaXP yang penting penggatian oli tidak lebih dari 1.500 km masih sangat aman.

Tetapi jika Anda penasaran dengan oli diesel dan berani menanggung semua resikonya maka pilihan di tangan Anda. Setidaknya pelajari terlebih dahulu dengan mendalam tentang oli yang akan digunakan sebelum mencobanya karena jika terjadi kerusakan pada mesin akan Anda tanggung sendiri. Sebagai pembanding bisa melihat group Pelumas Motor (Motorcycle Oil) (link https://www.facebook.com/groups/ili.motor.terbaik/) yang merupakan komunitas pemakai oli khusus motor atau aliran lurus.

Sekian artikel dari saya, kalo ada salah-salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mohon koreksinya.

Iklan

87 thoughts on “Fenomena Maraknya Oli Diesel dipakai di Motor Kopling Basah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s