Market Share Motor Di India Berbanding Terbalik Dengan Di Indo

Penjualan Oktober 2014 di negara kita Honda masih merajai dengan perolehan 67% lebih disusul oleh Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS paling buncit menurut data AISI. Tetapi ternyata hal tersebut tidak berlaku di negeri India sana dan bahkan cenderung berbalik.

Pangsa pasar di India masih dikuasai oleh Hero Motocorp, sebuah pabrikan yang dulunya bekerja sama dengan Honda bernama Hero Honda tetapi sekarang telah berdiri sendiri. Hero Motorcorp menguasi 40,64 % pasar untuk peridoe April s.d Oktober 2014. Disusul oleh Honda dengan 26 %, kemudian TVS Motor 13,43 %, Bajaj Auto 12,17 %, Yamaha 3,75 %, Suzuki 2,12 %, dan pada posisi buncit Royal Enfield dengan 1,87 %. Yamaha pangsa pasarnya masih kurang dari sepertiganya TVS Motor dan Bajaj Auto. Tahun ini performa TVS Motor lumayan bagus dan bisa di atas posisi Bajaj Auto padahal biasanya di bawahnya.

No Nama Pabrikan Oct 14 Apr-Oct 14 % Oct 14 % Apr-Oct 14
1 Hero Motorcrop 550688 3862210 38,3439669 40,64231999
2 Honda 361670 2470619 25,1827941 25,99850551
3 TVS Motor 204294 1276586 14,2248285 13,4336084
4 Bajaj Auto 204281 1156773 14,2239233 12,17280739
5 Yamaha 54698 357051 3,80857818 3,757273943
6 Suzuki 35038 201512 2,43966804 2,120525602
7 Royal Enfield 25510 178176 1,77624098 1,874959157
1436179 9502927

Satu kesamaannya adalah bahwa Honda tetap menjadi pabrikan jepang yang paling besar pangsa pasarnya dibanding Yamaha dan Suzuki baik di Indonesia maupun di India.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s