Membeli Motor Matic Second Suzuki Skywave 2008

20150302_090735

Ditengah hingar bingar peluncuran motor matic terbaru dari 2 pabrikan motor terbesar di tanah air yaitu Honda dan Yamaha. Sehingga terbersit keinginan untuk membeli sebuah motor matic baru tetapi karena akhir-akhir ini kondisi keamanan di negeri ini sedang kurang mendukung dengan banyaknya kasus pembegalan yang terjadi. Sehingga lebih memilih motor matic second sehingga tidak terlalu memancing para penjahat untuk merampas motor itu.

Setelah searching-searching di website OLX akhirnya menemukan beberapa kandidat yang menurut saya dilihat dari foto-fotonya cukup meyakinkan, diantaranya adalah sebuah Skywave 2008 yang ditawarkan seharga Rp 7.200.000. Setelah paginya menghubungi seller dan barang masih ada lalu siangnya janjian untuk cek kondisi fisik motor dan mencoba menggoyang harganya.. heheh

Sampai sana ketemu sellernya seorang Bapak yang sangat ramah. Sangat senang karena diperbolehkan untuk melakukan test ride motornya. Hal pertama-tama yang saya perhatikan adalah mengecek bagian fisik dan rangka yang masih lumayan cuma ditemukan beberapa goresan wajar. Kemudian coba nyalakan mesin dan agak sulit menyala tapi setelah menyala masih terdengar lumayan halus. Saya coba menawar harganya dan di Bapak selernya dan bilang netnya Rp 6.500.000. Alhamdulillaah bisa hemat Rp 700.000.. heheh. Setelah itu coba dipakai jalan beberapa ratus meter dan terdengar bunyi getar yg ternyata berasal dari spion dan selainnya lumayan normal. Dan akhirnya setelah melihat dokumen surat menyurat motor yang lengkap, saya deal beli motornya.

Sampai rumah dicek dan dibersihkan dan buru-buru ganti handle rem kiri dan karet stang, dua-duanya 2xRp 20.000. Sekalian ganti oli transmisi dengan Yamalube 100 ml seharga Rp 24.000 dan oli mesin dengan Shell HX7 10w40 1 liter API SN eharga Rp 76.000. Karena ini motor matic dengan kopling kering jadi olinya tidak harus memiliki spesifikasi JASO MA. Lumayan kaget karena ternyata ring baud tap oli tidak ada, sama mas bengkel mau dikasih selotip semen tapi saya bilang ga usah biarin aja mas. Kemudian setelah itu dibawa pulang dan sampai rumah dari baud tap oli ada bocor dikit, haduh pusing dan panik tapi tenang ada teman SD dan SMP dulu yang sekarang menjadi kepala mekanik bengkel resmi suzuki di daerah Ambarukmo Yogyakarta. Setelah ngobrol2 lewat WA dengan teman saya itu ternyata partnya ada di bengkel resmi suzuki.

20150220_095805

Kemudian pagi harinya segera servis karbu dan CVT sekalian ganti ring baud tap oli di bengkel resmi suzuki di daerah Klodran Bantul. Pada saat servis karbu dan CVT ada beberapa part yang diganti dan diberi paslin baru dibagian CVT karena telah kering. Ternyata baud ring tap oli bisa diganti dengan ring busi dan setelah dicoba beres ga bocor lagi olinya dan oli Shell HX7 yang baru diganti kemarin sore masih bisa dipake lagi, trims bengkel suzuki. Total servis dan ganti beberapa part termasuk ring busi habis Rp 86.000. Lumayan murah banget karena terbiasa servis Honda CBR150R sekali servis tanpa ganti alat saja Rp 90.000.. heheh

20150302_112127

Setelah bagian mesin dan CVT sudah beres dan oli tinggal peremajaan si karet bundar alias ban yang merupakan salah satu part yang sangat vital karena kalau bocor mau kendaraan semahal apa tetap harus didorong sehingga baik untuk mengurangi berat badan. Untuk mengganti ban saya pergi ke daerah pasar onderdil di pasar klitikan pleret bantul. Ternyata agak sulit ganti ban skywave yang ring 16. Tapi di salah satu toko tersedia dengan ukuran standar dan tubeless merek Zeneos. Total ban depan belakang dan ongkos pemasangan habis Rp 305.000.

20150218_174016

Akhirnya beres sudah dan siap untuk digunakan untuk berpetualang dan membantu aktivitas sehari-hari juga bisa. Setelah ini akan diuji performanya semoga bisa dishare di next artikel.

Iklan

2 thoughts on “Membeli Motor Matic Second Suzuki Skywave 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s