Menguji Performa Top Speed Suzuki Skywave 2008

20150302_090721

Pagi ini saya mencoba memakai Yamalube Carbon Cleaner seharga Rp 25.000 pada motor Skywave 2008. Setelah diisi bensin ron88 full tank sekitar 5 liter dan dicampur dengan Yamalube Carbon Cleaner maka saatnya menggeber si motor matic dengan full throttle.

Karena mendapati jalanan yang halus dan lurus dan lumayan sepi sehingga mendukung utuk pengujian performa jadi sekalian saja saya ukur dengan aplikasi SpeedView yang memanfaatkan GPS di ponsel Android untuk mengetahui kecepatan real berdasarkan GPS dan membuat log catatannya. Mengingat ini adalah motor matic 125 cc yang masih standar jadi top speed tidak akan tinggi-tinggi banget jadi agak santai mengujinya. Berat barat rider 95 kg ditambah tas membawa laptop dan alat-alat dengan berat sekitar 4 kg jadi berat beban pengendara diasumsikan 99 kg. Bensin di tangki masih lumayan full sekitar 4,5 liter. Trek lurus yang dilewati sekitar 3 km.

Setelah mempersiapkan aplikasi SpeedView lalu mulai nyalakan mesin dan gas pol. Setelah berjalan beberapa menit dan jalur trek lurus habis segera berhenti dan sempat melihat pada speedo motor matic mencapai 103 km/jam. Agak kaget juga kok cuma segitu padahal di web ada yang pernah mencoba sampai 115 km/jam. Setelah itu melihat log di aplikasi SpeedView.

Screenshot_2015-03-02-09-29-53

Dan ternyata tercatat kecepatan maksimum berdasarkan GPS adalah 96 km/jam. Wah sangat akurat berarti deviasi Speedo Meter dengan GPS hanya 4% saja. Yah lumayalah untuk ukuran motor tua usia 5 tahun lebih.

Sekian artikel tentang uji performa motor matic Susuki Sky Wave 2008 ini, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s