Shell HX7 10w40 API SN Sangat Cocok dengan Suzuki Skywave

20150302_090735

Setelah kemarin memiliki mainan baru motor matic skywave langsung saya coba isi dengan Shell HX7 10w40 API SN JASO MB 1 liter yang merupakan oli mobil. Tetapi karena motor matic biasanya menggunakan kopling kering maka kompatibel dengan oli ini secara spesifikasi.

shell_hx7_10w40

Feel setelah dituangkan oli ini ke mesin suzuki skywave adalah akselerasi yang semakin terasa, tarikan yang lebih halus dan bensin terasa sedikit lebih irit meskipun tetap terhitung boros untuk motor 125cc yaitu sekitar 1:33 km/liter. Entah kenapa dirasakan terjadinya panas berlebih dan suara mesin yang berisik. Hal ini sepertinya diakibatkan karena waktu menggantinya memang komponen mesin terutama bagian klep sudah aus karena usia motor yang sudah tua dan juga pemakaian filter oli yang sudah terlalu lama belum diganti jadi sirkulasi oli kurang optimal. Setelah melakukan service besar dan ganti filter oli kejadian overheating dan suara mesin berisik sudah hilang.

Perlu diketahui bahwa rekomendasi Suzuki untuk oli motor Skywave adalah oli JASO MA dengan SAE 20W50 dengan kapasitas oli 1,1 Liter dan penggantian periodik 1 Liter. Cukup aneh mengapa mesin kopling kering menggunakan spek JASO MA dan setelah saya konsultasikan dengan mekanik olinya boleh make JASO MB ataupun jASO MA.

Jadi bagi yang suka akselerasi yahud dan suzuki skywavenya lebih irit bensin tetapi mesin sedikit lebih garing suaranya knalpotnya boleh mencoba Shell HX7 SAE 10w40 API SN tapi kalo yang lebih suka knalpot gandem namun lebih boros dan akelerasi berat silahkan kembali ke oli SGO 4T 20W50.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat.

Iklan

2 thoughts on “Shell HX7 10w40 API SN Sangat Cocok dengan Suzuki Skywave

    1. ariefsujatmiko Penulis Tulisan

      mungkin prosedur penggantian oli yang salah juga bisa karena tidak sekalian ganti filter oli jadi mungkin aliran oli kurang lancar jadinya mesin overheat, sekarang lagi nyoba pertamina fastron techno 10w40 ga terlalu overheat dan tarikan tetep sama ringannya..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s