Pengalaman Hampir Kena Begal Di Daerah Wates Kulonprogo Yogyakarta

Buk Begal

Salah satu tempat di daerah wates kulonprogo yang rawan pembegalan.

Sekedar sharing saja agar lebih berhati-hati ketika lewat khususnya di malam hari di Jl. Nagung-Brosot tepatnya di sekitar buk begal yang namanya sudah sangat deskriptif. Jalan ini mulai dari brosot ke arah barat hingga akhirnya sampai ke jl. wates-purworejo. Sebagian agak ramai dan dekat dengan pemukiman penduduk, tetapi di bagian tengah kanan-kiri jalan adalah bentangan sawah yang sangat luas dan jauh dari pemukiman warga.

Alkisah, kejadian ini terjadi saat malam idul fitri tahun 2015. Seperti biasa malam idul fitri saya menjemput istri dari kebumen untuk ke jogja merayakan idul fitri dengan keluarga besar di jogja. Karena istri masih masuk kerja sampai sore sehingga berangkat dari kebumen sudah lumayan larut jam 8 malam saat itu mengendarai Suzuki Skywave 125 yang masih sangat fit mesin dan cvtnya. Karena istri dalam keadaan mengandung anak pertama sudah lumayan besar sekitar 4 bulanan jadi saya mengendarai kendaraan dengan cukup lambat. Sampai di lampu merah di perempatan jl. wates – purworejo saya malah memilih jl. nagung-brosot karena saya fikir meskipun sudah jam 11 malam tetapi karena habis acara idul fitri pasti jalan masih ramai dan belum terlalu faham daerah itu. Perasaan mulai was-was ketika kok jalan sepi banget dan hampir tidak ada motor lewat.

Buk Begal

Buk Begal

Sesampainya di daerah sebelum buk begal dari tepi jalan dari balik pohon muncul orang berbaju dan celana panjang putih sambil membawa seperti tongkat kayu dan langsung menaiki motornya dan mengikuti motor kami. Saya mulai narik gas motor agak dalam, saya perhatikan 2 motor itu ngikutin terus sehingga saya tarik gas suzuki skywave sampai 80 km/jam lebih dengan membawa saya yg berat badan gajah dan istri saya yang lagi hamil sampai dia mukulin saya biar jangan ngebut-ngebut. Setelah hampir sampai perempatan dekat pemukiman kedua orang itu sudah tidak mengikuti lagi.

Sesampainya di rumah bantul sekitar jam 12 malam saya pun memberitahukan ke istri kalau tadi itu diikuti begal dan dia pun jadi ikut merasa takut. Puji syukur ke hadirat Allah SWT kami masih diberikan keselamatan dan anak kami sekarang Vania sudah berumur 2 tahun lebih.

Setelah mencari informasi ternyata memang di jalan itu ada jembatan atau biasa disebut buk yang namanya buk begal. Dan memang sering terjadi pembegalan di situ. Sehingga bagi teman-teman yang mau lewat daerah itu di malam hari sebaiknya memilih Jl. Deandles atau lewat Jl. kota Kulonprogo saja.

Sekian informasi ini semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s