Motor Sport Baru Dari Suzuki

suzuki-gixxer-155-07

Hari Jum’at kemarin adalah hari yang cukup sibuk bagi saya tetapi alhamdulillaah masih bisa menyempatkan mampir ke bengkel suzuki untuk penggantian cover handle pada motor Suzuki Skywave saya. Pada saat menunggu pengerjaan motor suzuki skywave ada kesempatan tanya-tanya ke mekanik di sana tentang motor-motor matic suzuki 125 cc, termasuk tentang motor sport Suzuki Thunder dan motor sport baru suzuki yang akan dilaunching.

nex-address-2

Pertama-tama saya tanyakan tentang matic suzuki 125cc seperti Spin, Hayate yang kenapa kok tidak dipajang lagi di showroomnya. Dan jawabannya bikin saya agak kaget bahwa ternyata produk itu sudah tidak diproduksi lagi, dan motor matic suzuki fokus di Address, Nex FI, dan LET’s FI. Oalah gitu toh ternyata pantesan dah tidak dipajang di dealer, yang masih dipajang cuma Suzuki Address, Suzuki Satria Fu 150cc, dan Suzuki Shooter FI.

thunder_125

Kedua pertanyaan menjurus pada motor sport, kali ini tentang suzuki thuder 125 yang juga tidak ada di delaer. Dan jawaban para mekanik itu pun sama bahwa thunder 125 juga sudah tidak diproduksi lagi. Walah lah terus mau jualan matic dan fu aja po? Kemudian aku sedikit bertanya tentang motor sport suzuki yang baru, kebetulan ada teman yang upload gambar rangka motor sport tapi mesinnya satria fu. Dan lagi-lagi mereka menjawab belum ada pemberitahuan dari pusat. Tapi menurut mereka memang akan ada sosok motor sport baru dari suzuki.

Tentang motor sport baru dari suzuki ini sudah ada kabar di internal suzuki dan dah sampai ke para mekanik, tapi kagetnya kok katanya mesinnya diambil dari Suzuki Shooter FI. Jadi istilah dari para mekanik itu Suzuki Shooter FI akan diubah menjadi motor sport mirip Satria Fu. Walah jadinya mirip Suzuki Raider 115cc dong. Apakah suzuki sudah trauma mengeluarkan motor baru dan ga pernah sukses jadi nggak mau ngeluarkan motor yang terlalu jauh berbeda dengan motor mereka satu-satunya yang bisa sukses yaitu Satria Fu. Ataukah ini adalah trategi blue ocean baru dari suzuki yaitu membuka pasar baru motor ayam jago dengan kubikasi 115 cc. Entahlah sangat membinungkan tapi semoga bisa laris.

suzuki-satria-j115fi-philipina

Sungguh sayang sekali jika suzuki tidak ikut memperebutkan pangsar pasar motor sport yang saat ini dikuasai oleh Yamaha Vixion tapi dominasinya mulai memudar dihajar oleh Honda. Dengan kemampuan suzuki dalam meracik motor sport 4 tak 150cc yang terbukti dengan salah satu produk yang diakui keunggulannya dari rival sekelasnya yaitu Suzuki FXR 150 cc sangat sayang sekali kalo kelewatan momentum ini.

shooter_fi

Kabar ini murni berasal dari wawancara saya dengan mekanik di bengkel suzuki. Semoga suzuki bisa terus berkembang dan bertahan melawan gempuran pabrikan se jepang lain yang gila-gilaan dalam berinovasi dan membanjiri pasar dengan produk motor baru yang canggih dan beragam. Sungguh sangat ironis sekali kalau pabrikan suzuki dengan pekerja yang sangat banyak dari marketing, perakitan serta  show room dan bengkel yang tersebar ke seluruh Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar